7 Poin Penting untuk Optimasi Website

Landing Page Bekasi

Teknologi terus berubah, berinovasi, algoritma selalu up to date agar semakin baik dan mudah untuk pengguna, tentu saja salah satunya adalah website yang menjadi bagian kehidupan internet dan digital di jaman sekarang. Jasa Landing Page Bekasi Hadir untuk anda.

Optimasi website adalah poin penting wajib harus diperhatikan, apalagi jika website digunakan untuk kepentingan mencari traffic dalam bisnis atau perusahaan.

Ada tiga tujuan utama optimasi website disini, yaitu untuk visitor website, untuk SEO, dan untuk search engine terutama Google yang masih menjadi search engine yang mendominasi khususnya di Indonesia.

 

Landing Page Bekasi
Landing Page Bekasi

Berikut ini adlaah beberapa point penting yang harus ada dalam website anda:

  1. Mengedepankan Fitur Mobile friendly( Responsive Layout )

Website anda harus mobile friendly, cepat loading di versi mobil, dan lancar tidak ada error. Ada point penting yang harus dipenuhi untuk website versi mobile. Website bisa dengan mudah menyesuaikan atau beradaptasi saat dibuka melalui desktop, mobile phone, atau tablet.

Bisa di zoom out atau di zoom ini, visitor bisa dengan mudah membesarkan atau mengecilkan konten di dalam website anda melalui smartphone mereka. Hindari pop up yang menutupi content, karena smartphone yang ukuran layarnya kecil, kemunculan pop up bisa sangat mengganggu.

Bisa anda cek disini https://search.google.com/test/mobile-friendly

2. Kecepatan Loading Website

Poin ini sering diulang-ulang namun sejujurnya menjadi bagian yang menakutkan bagi seorang web developer. Tuntutan isi content di dalam halaman seperti image dan video sangat berpengaruh pada loading speed website

Batas kecepatan yang disarankan

1-2 detik cepat

3-4 detik Sedang

4-6 detik lambat rata-rata website

> 7 detik adalah kategori sangat lambat

Tentu saja indikasi kecepatan diatas tidak termasuk keceptan koneksi, benar-benar pure kecepatan website. Namun seringkali koneksi setiap orang berbeda-beda.

Namun robot crawl sudah bisa membedakan antara kecepatan website yang tidak ikut serta dengan faktor koneksi.

3. Disukai oleh User 

Ketika orang mencari melalui di search engine dan kemudian masuk ke halaman website baik di homepage atau artikel, seorang user atau visitor harus tepat dengan apa yang mereka ingin dapatkan di halam tersebut.

Sederhananya visitor saat masuk bisa merasa:

“Ya ini ini yang aku cari, wah bagus content nya, keren sangat bermanfaat”

Ini menjadi tantangan web design dan content writer bagaimana bisa menghasilkan content yang bisa cocok dan sesuai oleh user.

Tentu saja faktor kata kunci dan isi halaman harus sangat relevan dengan isinya, terutama content artikel tidak bisa lagi sekedar menulis apalagi copy paste.

4. Content Marketing

Google menyukai website yang mempunyai konversi tinggi. Konversi adalah aktivitas dari visitor website yang berharga seperti subscribe email, mengontak nomer, atau order produk.

Salah satu cara meningkatkan konversi adalah dengan content marketing. Anda terus lanjutkan membaca artikel ini sampai bawah, ini adalah salah satu contoh artikel content marketing.

5. Schema Markup

Masih banyak yang belum tahu tentang schema markup, bahkan para pelaku SEO di Indonesia. Meskipun sudah ada sejak dulu masih ada yang merasa belum penting dan kurang terasa hasilnya, terutama untuk hal SEO.

Meskipun sampai sekarang belum ada bukti nyata hasilnya terhadap SEO, namun Google sangat merekomendasikan agar website menggunakan Schema Markup

Apa itu Schema?

Yaitu kode untuk membedakan tipe halaman pada sebuah website seperti: Organisasi, Orang, Produk, Artikel, Review, Resep, Event dsb

Dengan skema maka halaman personal bisa di identifikasi personal, begitu juga halaman artikel maka tidak sama dengan halaman resep atau produk.

Tanpa Schema bisa jadi robot Google mengidentifikasi semua halaman dalam satu website sama saja.


6. Teknikal SEO

SEO selalu menjadi hal yang harus dilakukan jika website anda menginginkan traffic banyak. Dalam bisnis traffic adalah faktor utama penentu banyak sedikitnya leads/prospek yang masuk, karena itu harus menggunakan SEO.


7. User Experience

Anda tidak perlu berpikir arti khusus atau bagaimana menjabarkan apa itu user experience, karena setiap orang berbeda-beda pengalamannya dalam hal website.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *